Bidang usaha Café
& Resto dengan menu berbahan biji kopi merupakan salah satu bidang usaha
yang masih bisa bertahan dan bahkan berkembang di dalam kondisi perekonomian
Indonesia saat ini. Keunikan dari usaha ini juga dapat dijadikan untuk
memuaskan konsumen, karena akan menghasilkan image positif yang akan selalu
diingat oleh para konsumen. Oleh karena itu, kami akan membantu membangun usaha
bisnis ini dengan memiliki ciri khas dari menu-menu yang akan disajikan nanti.
Kami akan menginovasikan biji kopi menjadi espresso yang dapat dibuat berbagai
variasi untuk menu-menu minumannya, baik yang panas ataupun yang dingin.
Sedangkan untuk menu-menu makanannya, diolah oleh seorang koki profesional yang
sudah berpengalaman dan tetap pada alur konsep yang sudah di tetapkan, sehingga
terciptalah makanan yang enak dan sehat. Jam operasional dari Café & Resto
ini buka mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB atau dapat
disesuaikan dengan kondisi yang ada. Bisa didirikan di dalam Mall ataupun
diluar Mall sesuai keinginan investor/pemilik modal, dengan desain bangunan
yang minimalis tapi suasana nya tetap cozy dan nyaman. Investasi yang
dibutuhkan untuk membangun Café & Resto ini juga bergantung pada keinginan
dari investor/pemilik modal yang akan mendirikannya. Jadi dana dari
investor/pemilik modal tersebut akan disesuaikan dan direalisasikan sesuai
dengan besar kecilnya dana yang akan kami terima. Modal awal tersebut akan
dapat kembali kurang lebih selama 2 tahun dari masa awal beropererasionalnya
Café & Resto tersebut. Setelah melewati dari masa 2 tahun pertama,
investor/pemilik modal sudah dapat meraup keuntungan dari hasil operasional dan
seterusnya.
Tujuan
Tujuan dari bisnis
ini adalah selain untuk mencari keuntungan, juga untuk memanfaatkan potensi
yang ada. Karena biji kopi yang berkualitas juga banyak terdapat di Negara
kita, sehingga produksi dari biji kopi tersedia cukup banyak dan memiliki
potensi yang sangat besar untuk dimanfaatkan guna memperoleh nilai ekonomi yang
sangat tinggi. Selain itu dengan membuka bisnis ini juga memberikan lapangan
pekerjaan bagi masyarakat di sekitarnya.
Manfaat
Jangan selalu
menganggap kopi sebagai penyebab penyakit. Tanaman yang mengandung kafein ini
justru dianggap sebagai tumbuhan yang mengandung antioksidan paling banyak.
Selain kafein, kopi juga mengandung vitamin C. Menurut dokter Joe Vinson, ketua
tim peneliti Universitas Seranton Amerika Serikat, antioksidan yang ada pada
kopi juga bisa mencegah kanker, penyakit jantung, diabetes dan stroke. Selain
itu kopi juga dapat memperlancar peredaran darah, menghilangkan pusing serta
bisa membuat sperma berenang lebih cepat dan merangsang kesuburan pria.
Sebagian dari
menu-menu yang akan disajikan antara lain
COFFEE BEVERAGES
·
ESPRESSO
·
AMERICANO
·
CAPPUCCINO
·
COFFEE VIENNA
·
IRISH COFFEE
·
ICE COFFEE LATE
·
ICE LATE MOCHA
·
ICE AMARETTO LATTE
·
ICE CARAMEL LATTE
·
ICE SNOW FLAKE
·
ICE CAPPUCCINO
·
COFFEE FLOAT ICE
FOOD
·
CLASSIC SNACK - BUFFALOS CHICKEN WING -
CALAMARI RING
·
SALAD - THOUSAND ISLAND FRUIT SALAD - GRILLED
CHICKEN CAESAR SALAD
·
SOUPS - CREAMED MUSHROOM SOUP - SPECIAL
SOUP CHEF OF THE DAY
·
SANDWICHES & BURGER - TERIYAKI
CHICKEN BURGER - MENSO BEEF BURGER - INTERMILAN SANDWICHES - JUVENTUS
SANDWICHES
·
PASTA & NOODLE - FUCILLI ALA CARNE
- SPAGHETTI BOLOGNAISE - STIR FRIED NOODLE
·
RICE - NASI GORENG IKAN ASIN - NASI
UDANG SCHUAN
·
STEAK - CHAR GRILLED SIRLOIN STEAK -
GRILLED IMPORT SIRLOIN STEAK - CHICKEN CORDON BLEU - CHICKEN TERIYAKI
ASPEK MANAJEMEN
Dalam sistem
managerial, investor/pemilik modal tetap membawahi semua karyawan yang ada.
Standart SDM dari Cafe & Resto ini memiliki 23 karyawan, yang terdiri dari
[1 Manager, 1 Asisten Manager, 2 kasir, 6 Server, 4 Bar, 8 Kitchen, 1
Accaunting, 1 Purchasing]
Investor/Pemilik
modal, diharuskan tetap mengawasi jalannya usaha serta
kerja para karyawannya, serta bertanggung jawab penuh atas semua kelangsungan
usaha.
Manager, bertugas mengawasi dan membawahi semua divisi yang ada di bawah nya,
serta bertangung jawab penuh atas pengelolaan Café & Resto tersebut.
Asisten Manager, harus dapat membekap, membantu dan juga mengerti semua tugas-tugas
yang sudah diberikan oleh manager tentang operasional Café & Resto
tersebut.
Kasir, bertanggung jawab penuh atas semua hal yang menyangkut masalah biling
dan masalah kasir itu sendiri.
Server, diwajibkan mengetahui semua menu yang ada baik beverage ataupun food
selain tata cara/performa pada waktu menghadapi customer.
Bar, dapat memahami serta membuat semaksimal mungkin semua menu beverage
yang sudah ditetapkan, selain harus menaati aturan-aturan dari management.
Kitchen, harus bisa menguasai semua menu makanan yang sudah ditetapkan, tetapi
tidak keluar dari jalur yang ada.
Accounting, bertanggung jawab penuh pada semua masalah keuangan pada perusahaan.
Purchasing, bertanggung jawab penuh pada semua barang yang keluar masuk di dalam
gudang.
ASPEK PASAR
Pasar yang dituju
Dalam bisnis ini
pasar yang dituju adalah untuk semua kaula muda sampai orang dewasa. Hal ini
dikarenakan sudah banyaknya para pecinta kopi. Penikmat atau penggemar kopi
tidak mengenal batasan umur, oleh karena itu usaha Cafe & Resto ini cukup
berpotensi untuk dijalankan.
Tingkat persaingan
Persaingan dalam
bisnis ini memang cukup banyak, tetapi tidak sebanyak orang yang mulai jadi
penikmat ataupun penggemar kopi untuk saat ini. Jadi usaha ini tetap masih bisa
diandalkan.
Upaya pemasaran
Untuk upaya pemasaran
agar Café & Resto ini banyak pengunjung, maka dilakukanlah suatu upaya
pemasaran dengan cara menetapkan harga dari menu-menu yang terjangkau dengan produk
makanan ataupun minuman yang berkualitas dan sehat, selain itu juga harus dapat
menghasilkan keuntungan yang besar.
Strategi pemasaran
Dalam melancarkan
usaha Café &Resto ini, saat grand opening dibutuhkan strategi pemasaran
yang cukup bijak, salah satunya adalah dengan membuat promosi paket diskon
untuk menu food & beverage nya selama bulan pertama grand opening. Selain
itu bisa juga membuat brosur-brosur yang akan disebarkan di daerah sekitar,
ataupun lewat media masa untuk mempromosikan usaha tersebut.
Perkiraan hasil jual
Dengan harga yang
terjangkau, dari menu-menu yang bervariatif, kita bisa gambarkan untuk harga
jual jenis minuman rata-rata sekitar [Rp. 15.000,- sampai Rp. 30.000,-]
sedangkan untuk harga jual makanan rata-rata sekitar [Rp. 20.000,- sampai Rp.
60.000,-]. Maka dapat diprediksikan pendapatan per-bulannya kurang lebih
sekitar Rp. 100.000.000,- an dengan perkiraan 25 pengunjung per-hari selama 25
hari.
ASPEK PRODUKSI
Bahan baku
Bahan baku yang
digunakan dalam bisnis ini adalah biji kopi pilihan berkualitas. Jenis biji
kopi yang kami gunakan diantaranya jenis Arabika dan Robusta. Bahan baku
tersebut kami peroleh langsung dari pabrik sekaligus distributor nya. Selain
kualitas nya bagus lokasi pabrik masih disekitar kota Surabaya, jadi salah satu
alasan kami adalah untuk lebih meringankan biaya distribusi bahan baku,
sehingga dapat memperkecil pengeluaran.
Proses Alur produksi
Dalam melakukan atau
menjalankan usaha ini diperlukan alur produksi yang jelas agar usaha dapat
berjalan dengan baik dan lancar.
Studi kelayakan
Aspek Ekonomi
Sangat berpotensi
karena banyaknya biji kopi berkualitas di Indonesia
yang dapat
dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Selain itu kopi juga merupakan salah satu
minuman paling populer di dunia, sehingga bisnis ini dapat menjadikan kuliner
bagi wisatawan mancanegara. Oleh karena itu usaha ini sangat berpotensi untuk
meningkatkan perekonomian.
Aspek Teknis
Dalam aspek ini
secara teknis mudah dilakukan karena banyak SDM yang
handal di indonesia
dan proses produksi nya pun cukup mudah dibuat.
Aspek Hukum
Dalam aspek hukum
sangatlah mendukung karena bangunan
yang digunakan harus
dilengkapi dengan IMB. Dan dalam memproduksi makanan/minuman sudah jelas halal,
karena semua bahan baik makanan ataupun minuman yang digunakan juga halal.
Aspek Sosial
Dalam bisnis Café
& Resto ini tidak mengganggu dalam aspek
Social, karena dalam
proses pembuatan makanan dan minuman tidak menimbulkan kebisingan dan
pembuangan limbah pun tidak mengotori lingkungan sekitar.
Aspek Pasar
Dalam aspek pasar,
kopi sudah banyak disukai orang,
mulai dari kaula muda
sampai orang dewasa banyak yang suka kopi, sehingga bisnis ini memiliki aspek
pasar yang bagus karena sasarannya untuk semua kalangan. Selain itu hampir
semua orang sudah mengetahui manfaat positif dari kopi.
Analisis
1.
Kekuatan Bahan baku mudah Masih bisa eksis Lokasi strategis Sudah pasti
halal Job description para karyawan sudah jelas
2.
Kesempatan Makin banyak nya para pecinta kopi Persaingan pasar masih sehat
Daya konsumsi makin tinggi Tersedianya sarana dan prasarana yang cukup baik
3.
Kelemahan Memakai brand nama sendiri Belum mempunyai cabang
4.
Ancaman Persaingan yang ketat dari Café & Resto disekitarnya Brand
Image dari Café & Resto yang lebih senior Permainan harga dari kompetitor
Pengaruh cuaca terhadap pengunjung yang datang Kondisi ekonomi Indonesia yang
belum stabil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar