Jumat, 26 April 2013

11. Hubungan Administrasi, Organisasi, dan Manajemen

Administrasi merupakan proses kerja sama antar dua orang atau lebih berdasarkan rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan. Kemudian, agar kegiatan kerja sama tersebut berhasil dengan baik maka dibutuhkan sebuah kerangka atau wadah atau struktur. Wadah itulah yang dinamakan organisasi. Dalam proses untuk mewujudkan organisasi yang baik maka diperlukan manajemen; melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, penggerakkan, dan pengontrolan; dengan begitu, tujuan organisasi akan tercapai.
Dengan demikian sekelompok orang yang bekerja sama mencapai tujuan tertentu disebut administrasi, proses penggerakkan dalam administrasi disebut manajemen. Dan wadah dari kegiatan kerja sama tersebut adalah organisasi.

Organisasi sama dengan Manajemen?
Pendapat ini dikemukakan oleh PBB, bahwa keduanya merupakan sinonim, di mana penggunaan kata “Administrasi” banyak dipergunakan di bidang Administrasi Negara, sedangkan “Manajemen” banyak dipergunakan di bidang Administrasi Niaga (Swasta) dan Administrasi Niaga (Negara).

Organisasi berbeda dengan Manajemen?
Terutama di bidang Administrasi Negara, Administrasi Pemerintah yang dilakukan oleh Presiden dan Para Menteri sebagai penentu kebijaksanaan dalam rangka mencapai tujuan Negara. Sedangkan yang wajib melaksanakannya kebijaksanaan tersebut adalah Manajemen; Manajer bertanggung jawab untuk melaksanakannya ke arah tercapainya tujuan tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar