Komunikasi
Istilah komunikasi berasal dari kata Latin Communicare atau Communis yang
berarti sama atau menjadikan milik bersama. Kalau kita berkomunikasi dengan
orang lain, berarti kita berusaha agar apa yang disampaikan kepada orang lain
tersebut menjadi miliknya.
Beberapa definisi komunikasi :
1. Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan (Roben.J.G).
2. Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain (Davis).
3. Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram,W)
Sehingga dapat disimpulkan bahwa
komunikasi adalah : Suatu proses penyampaian pesan atau informasi dari suatu
pihak ke pihak yang lain dengan tujuan tercapai persepsi atau pengertian yang
sama.
Organisasi
Istilah organisasi berasal dari
bahasa Latin organizare, yang secara harafiah berarti paduan dari
bagian-bagian yang satu sama lainnya saling bergantung. Di antara para ahli ada
yang menyebut paduan itu sistem, ada juga yang menamakannya sarana.
Kesimpulannya: komunikasi organisasi
adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok
formal maupun informal dari suatu organisasi.
Unsur-unsur Komunikasi
Oteng Sutisna mengemukakan bahwa dalam proses komunikasi tentunya memerlukan unsur-unsur
komunikasi, yaitu :
1. Ada suatu sumber, yaitu seorang
komunikator yang mempunyai sejumlah kebutuhan, ide atau infromasi untuk
diberikan.
2. Ada suatu maksud yang hendak
dicapai, yang umumnya bias dinyatakan dalam kata-kata permbuatan yang oleh
komunikasi diharapkan akan dicapai.
3. Suatu berita dalam suatu bentuk
diperlukan untuk menyatakan fakta, perasaan, atau ide yang dimaksud untuk
membangkitkan respon dipihak orang-orang kepada siapa berita itu ditujukan.
4. Harus ada suatu saluran yang
menghubungkan sumber berita dengan penerima berita.
5. Harus ada penerima berita. Akhirnya
harus ada umpan balik atau respon dipihak penerima berita. Umpan balik
memungkinkan sumber berita untuk mengetahui apakah berita itu telah diterima
dan dinterprestasikan dengan betul atau tidak.
Tujuan Komunikasi
Maman Ukas mengemukakan tujuan komunikasi sebagai
berikut :
1. Menentapkan dan menyebarkan maksud
dari pada suatu usaha.
2. Mengembangkan rencana-rencana untuk
mencapai tujuan.
3. Mengorganisasikan sumber-sumber daya
manusia dan sumber daya lainnya seperti efektif dan efisien.
4. Memilih, mengembangkan, menilai
anggota organisasi.
5. Memimpin, mengarahkan, memotivasi
dan menciptakan suatu iklim
Fungsi-Fungsi Komunikasi
Sesuai dengan tujuan dari komunikasi, maka dalam suatu
organisasi komunikasi mempunyai beberapa fungsi. Hal ini sebagaimana menurut
Maman Ukas bahwa fungsi komunikasi adalah :
1. Fungsi informasi
dengan melalui komunikasi maka
apa yang ingin disampaikan oleh narasumber atau pemimpin kepada bawahannya
dapat diberikan dalam bentuk lisan ataupun tertulis. Melalui lisan manajer atau
pemimpin dengan bawahan dapat berdialog langsung dalam menyampaikan gagasan dan
ide.
2. Fungsi komando akan perintah
Fungsi komando akan perintah
tentunya berkaitan dengan kekuasaan, di mana kekuasaan orang adalah hak untuk
memberi perintah kepada bawahan di mana para bawahan tunduk dan taat dan
disiplin dalam menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab. Suatu perintah
akan berisikan aba-aba untuk pelaksanaan kerja yang harus dipahami dan
dimengerti serta yang dijalankan oleh bawahan. Dengan perintah terjadi hubungan
atasan dan bawhaan sebagai yang diberikan tugas.
3. Fungsi mempengaruhi dan penyaluran
dalam fungsi pengaruh berarti memasukan unsur-unsur yang meyakinkan dari
pada atasan atau guru baik bersifat motivasi maupun bimbingan, sehingga bawahan
merasa berkewajiban harus menjalankan pekerjaan atau tugas yang harus
dilaksanakannya. Dan dalam mepengaruhi bahwa komunikator harus luwes untuk
melihat situasi dan kondisi di mana bawahan akan diberikan tugas dan tanggung
jawab, sehingga tidak merasa bahwa sebenarnya apa yang dilakukan bawahannya itu
merupakan beban, ia akan merasakan tugas dan tanggung jawab
4. Fungsi integrasi.
Pada fungsi integrasi bahwa
organisasi sebagai suatu sistem harus berintegrasi dalam satu total kesatuan yang
saling berkaitan dan semua urusan satu sama lain tak dapat dipisahkan, oleh
karena itu orang-orang yang berada dalam suatu organisasi atau kelompok
merupakan suatu kesatuan sistem, di mana seseorang itu akan saling berhubungan
dan saling memberikan pengaruh kepada satu sama lain dalam rangka terciptanya
suatu proses komunikasi untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditetapkan
Dalam kegiatan suatu
organisasi atau lembaga khusunya dalam hal pengelolaan pendidikan tentunya
tidak terlepas dengan komunikasi. Oleh sebab itu suatu proses pendidikan akan
berhasil apabilla terjadinya suatu proses komunikasi yang baik dan sesuai
dengan harapan, di mana gagasan-gagasan atau ide dibahas dalam suatu musyawarah
antara komunikator dengan komunikan, sehingga terjadi pemahaman tentang
informasi atau segala sesuatu hal menjadi pokok dari pembahasan untuk mengarah
pada kesepakatan dan kesatuan dalam pendapat. Berdasarkan hal tersebut, bahwa
tujuan dari suatu organisasi atau instansi tentunya dapat tercapai secara
optimal apabila proses komunikasinya lancar tanpa adanya suatu hambatan,
walaupun ada hambatan, maka komunikator dan komunikan harus dengan cermat
segera mengatasi permasalahan yang menyebabkan terjadi suatu hambatan, sehingga
proses komunikasi dapat berlangsung.
Dalam
prosesnya komunikasi itu terbagai dalam 2 macam komunikasi, yaitu komunikasi
aktif dan komunikasi pasif. Komunikasi aktif merupakan suatu proses komunikasi
yang berlangsung dengan aktif antara komunikator dengan komunikan, di manan
antara keduanya sama-sama aktif berkomunikasi, sehingga terjadi timbal balik di
antara keduanya. Sedangkan komunikasi pasif terjadi di mana komunikator
menyampaikan informasi atau ide terhadap halayaknya atau komunikan sebagai
penerima informasi, akan tetapi komunikan tidak mempunyai kesempatan untuk
memberikan respon atau timbal balik dari proses komunikasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar