Komunikasi adalah suatu proses
penyampaian informasi dan pengerti dari satu orang ke orang yang lain.
Istilah komunikasi berasal dari kata
LatinCommunicare atau Communis yang berarti sama ataumenjadikan
milik bersama. Kalau kita berkomunikasi dengan orang lain,
berarti kita berusaha agar apa yang disampaikan kepada orang lain
tersebut menjadi milikny
Beberapa definisi komunikasi adalah:
1.Komunikasi adalah kegiatan pengoperan lambang
yang mengandung arti/makna yang perludipahami bersama oleh pihak
yang terlibat dalam kegiatan komunikasi (Astrid).
2.Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan
penyampaian pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan (Roben.J.G).
3.Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan
pengertian dari satu orang ke orang lain(Davis, 1981).
4.Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan
persamaan dengan orang lain (Schram,W)
5.Komunikasi adalah penyampaian dan memahami
pesan dari satu orang kepada orang lain,komunikasi merupakan proses
sosial (Modul PRT, Lembaga Administrasi)
· Pentingnya Komunikasi dalam Organisasi
Komunikasi yang efektif diperlukan di berbagai tingkat dan untuk berbagai
aspek dalam organisasi seperti :
1. Untuk manajer - hubungan karyawan:
Komunikasi yang efektif informasi dan keputusan merupakan komponen penting
untuk manajemen hubungan karyawan. Manajer tidak bisa mendapatkan pekerjaan
yang dilakukan dari karyawan kecuali mereka dikomunikasikan secara efektif dari
apa yang dia ingin dilakukan? Dia juga harus yakin beberapa fakta dasar seperti
bagaimana berkomunikasi dan apa yang dapat diharapkan hasil dari komunikasi
itu. Sebagian besar masalah manajemen timbul karena kurangnya komunikasi yang
efektif. Kemungkinan kesalahpahaman dan keliru dapat diminimalkan dengan sistem
komunikasi yang benar.
2. Untuk motivasi dan semangat kerja karyawan:
Komunikasi adalah juga merupakan alat dasar untuk motivasi, yang dapat
meningkatkan moral para karyawan dalam suatu organisasi. Komunikasi yang tidak
tepat atau rusak antara karyawan atau antara manajer dan bawahannya adalah
penyebab utama dari konflik dan moral yang rendah di tempat kerja. Pengelola
harus menjelaskan kepada karyawan tentang apa yang harus dilakukan, seberapa
baik mereka lakukan dan apa yang dapat dilakukan untuk performa yang lebih baik
untuk meningkatkan motivasi mereka. Dia bisa menyiapkan pernyataan tertulis,
jelas menguraikan hubungan antara tujuan perusahaan dan tujuan pribadi dan
mengintegrasikan kepentingan dari dua.
3. Untuk meningkatkan produktivitas:
Dengan komunikasi yang efektif, Anda dapat mempertahankan hubungan manusia
yang baik dalam organisasi dan dengan mendorong ide-ide atau saran dari
karyawan atau pekerja dan menerapkan sebisa mungkin, Anda juga dapat
meningkatkan produksi dengan biaya rendah.
4. Untuk karyawan:
Ini adalah melalui komunikasi bahwa karyawan mereka menyerahkan pekerjaan
laporan, komentar, keluhan dan saran ke senior atau manajemen. Organisasi harus
memiliki kebijakan komunikasi yang efektif dan cepat dan prosedur untuk
menghindari keterlambatan, kesalahpahaman, kebingungan atau distorsi fakta dan
membangun harmoni di antara semua orang yang bersangkutan dan departemen.
5. Pentingnya komunikasi tertulis:
Komunikasi dapat dilakukan melalui lisan atau tertulis. Dalam komunikasi
lisan, pendengar dapat membuat apa speaker coba katakan, tetapi dalam
komunikasi tertulis, teks materi di pesan adalah refleksi dari pemikiran Anda.
Jadi, komunikasi tertulis atau pesan harus jelas, tujuan dan ringkas dengan
kata-kata yang benar, untuk menghindari salah tafsir dari pesan Anda.
Komunikasi tertulis memberikan catatan permanen untuk penggunaan masa depan dan
juga memberikan kesempatan kepada karyawan untuk memasang komentar mereka atau
saran secara tertulis.
Jadi, komunikasi yang efektif sangat penting untuk sukses bekerja dari
sebuah organisasi. Bisnis menulis perangkat lunak dengan grammar checker dan
teks pengayaan alat, yang meningkatkan kalimat sederhana menjadi satu lebih
profesional dan canggih, dapat digunakan untuk menulis komunikasi bisnis yang
efektif. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi alat koreksi tata
bahasa .
· Bentuk Komunikasi
BENTUK KOMUNIKASI DALAM
ORGANISASI
BENTUK KOMUNIKASI BERDASAR STRUKTUR ORGANISASI
1. Superior - subordinate communication
Disebut juga downward communication yaitu komunikatornya adalah atasan
dan komunikasinya adalah bawahannya.
Katz & Kahn menyebutkan 5 bentuk komunikasi downward, yaitu:
a. memberi tugas rinci - job instruction
b. memberi informasi tentang prosedur organisasi dan latihan-latihan.
c. memberi informasi tentang rastionale of the job yaitu alasan mengapa tugas
tersebut harus dilakukan
d. memberi tahu tentang kinerja anak buah
e. memberi informasi tentang ideologi organisasi (visi, misi) untuk memudahkan
dalam mencapai tujuan organisasi.
Media yang digunakan adalah media tulis, media lesan, interaktif.
2. Subordinate - initiated communication
Disebut juga dengan upward communication yaitu komunikasi yang terjadi dari
bawahan ke atasannya.
Adapun bentuknya adalah:
a. Informasi pribadi tentang gagasan, sikap, peampilan kerja.
b. Informasi feedback tentang performance teknis, beberapa informasi penting
lainnya.
Disebut juga downward communication yaitu komunikatornya adalah atasan
dan komunikasinya adalah bawahannya.
Katz & Kahn menyebutkan 5 bentuk komunikasi downward, yaitu:
a. memberi tugas rinci - job instruction
b. memberi informasi tentang prosedur organisasi dan latihan-latihan.
c. memberi informasi tentang rastionale of the job yaitu alasan mengapa tugas
tersebut harus dilakukan
d. memberi tahu tentang kinerja anak buah
e. memberi informasi tentang ideologi organisasi (visi, misi) untuk memudahkan
dalam mencapai tujuan organisasi.
Media yang digunakan adalah media tulis, media lesan, interaktif.
2. Subordinate - initiated communication
Disebut juga dengan upward communication yaitu komunikasi yang terjadi dari
bawahan ke atasannya.
Adapun bentuknya adalah:
a. Informasi pribadi tentang gagasan, sikap, peampilan kerja.
b. Informasi feedback tentang performance teknis, beberapa informasi penting
lainnya.
3.
Interactive communication
Komunikasi yang terjadi pada karyawan yang selevel.
Bentuknya adalah
a.
Task coordination
b.
Problem solving
c.
Information sharing
d.
Conflict Resolution
Beberapa faktor pada struktur organisasi yang berpengaruh pada pola komunikasi
antara lain
a.
ukuran
b.
sentralisasi - desentralisasi
c. degrees of uncertainity
Tidak ada komentar:
Posting Komentar