Proses perencanaan,
pengorganisasian, pengendalian dan pengawasan merupakan pekerjaan anggota
organisasi, yang dilakukan dengan menggunakan semua sumber daya organisasi
untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan. Proses penentuan
tujuan, penerjemahan ke dalam strategi, kebijaksanaan dan program organisasi
diterapkan dalam sebuah perencanaan (Planning). Dan mempunyai tiga aspek :
mendefinisikan masalah, mendiagnosis dan menentukan tujuan. Pendekatan yang
dilakukan manajer menggunakan cara brainstorming (suatu teknik pengambilan
keputusan dan pemecahan masalah, individu di dalamnya mencoba meningkatkan
kreativitas dengan cara mengajukan alternatif secara spontan tanpa
memperhatikan kenyataan atau tradisi), serta mengevaluasi alternatif dan
memilih yang terbaik dan mengimplementasikan keputusan dan memonitor hasil.
Sebuah organisasi adalah pola hubungan –banyak hubungan yang saling terjalin
secara simultan yang menjadi jalan bagi orang, dengan pengarahan dari manajer,
untuk mencapai sasaran bersama. Proses manajerial dari pengorganisasian
termasuk pembuatan keputusan, penciptaan kerangka kerja, sehingga organisasi
tersebut dapat bertahan dari keadaan yang baik pada masa kini hingga masa
depan. Suatu usaha kerja sama antara badan, instansi, unit dalam pelaksanaan
tugas-tugas tertentu, sehingga terdapat saling mengisi, saling membantu dan
saling melengkapi. Orang yang menggerakkan / mengkoordinasi unsur-unsur
manajemen untuk mencapai tujuan disebut koordinator (manajer).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar