Jumat, 26 April 2013

33. Proses Manajemen Dalam Sebuah Organisasi


Proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pengawasan merupakan pekerjaan anggota organisasi, yang dilakukan dengan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan. Proses penentuan tujuan, penerjemahan ke dalam strategi, kebijaksanaan dan program organisasi diterapkan dalam sebuah perencanaan (Planning). Dan mempunyai tiga aspek : mendefinisikan masalah, mendiagnosis dan menentukan tujuan. Pendekatan yang dilakukan manajer menggunakan cara brainstorming (suatu teknik pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, individu di dalamnya mencoba meningkatkan kreativitas dengan cara mengajukan alternatif secara spontan tanpa memperhatikan kenyataan atau tradisi), serta mengevaluasi alternatif dan memilih yang terbaik dan mengimplementasikan keputusan dan memonitor hasil. Sebuah organisasi adalah pola hubungan –banyak hubungan yang saling terjalin secara simultan yang menjadi jalan bagi orang, dengan pengarahan dari manajer, untuk mencapai sasaran bersama. Proses manajerial dari pengorganisasian termasuk pembuatan keputusan, penciptaan kerangka kerja, sehingga organisasi tersebut dapat bertahan dari keadaan yang baik pada masa kini hingga masa depan. Suatu usaha kerja sama antara badan, instansi, unit dalam pelaksanaan tugas-tugas tertentu, sehingga terdapat saling mengisi, saling membantu dan saling melengkapi. Orang yang menggerakkan / mengkoordinasi unsur-unsur manajemen untuk mencapai tujuan disebut koordinator (manajer).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar