Banyak
ahli mendefinisikan pemahaman tentang koordinasi dengan memberi pendapat yang
berbeda-beda tetapi mempunyai tujuan yang sama, yakni bahwa koordinasi adalah
asas umum dalam semua organisasi atau dapat dikatakan koordinasi adalah asas
pokok organisasi.
Mooney
dalam Sutarto (1998: 141) mengemukakan bahwa pengertian koordinasi adalah “The
orderly arrangement of group effort, to provide unity of action in the pursuit
of common purpose.”Banyak ahli mendefinisikan pemahaman tentang koordinasi
dengan memberi pendapat yang berbeda-beda tetapi mempunyai tujuan yang sama,
yakni bahwa koordinasi adalah asas umum dalam semua organisasi atau dapat
dikatakan koordinasi adalah asas pokok organisasi.
Mooney
dalam Sutarto (1998: 141) mengemukakan bahwa pengertian koordinasi adalah “The
orderly arrangement of group effort, to provide unity of action in the pursuit
of common purpose.” Dengan demikian Mooney memandang bahwa koordinasi merupakan
suatu pengaturan usaha sekelompok orang secara teratur untuk menciptakan
kesatuan tindakan dalam mengusahakan tercapainya suatu tujuan. Pengaturan usaha
kelompok atau organisasi memang diperlukan, mengingat organisasi terdiri atas
sejumlah unit kerja yang berlainan fungsi namun diikat oleh satu kesatuan
tujuan tertentu.
Selaras
dengan pendapat di atas Benn dalam Sutarto (1998 : 141) mengatakan bahwa
”Coordination: A Continuous, harmonious action toward the objectives, attained
through leadership, organization, and administration; The arrangement of group
efforts in a continuous and orderly manner so as to provide unification of
action in the pursuit of a common goal.”
Dari
pendapat di atas diperoleh suatu konsep pemahaman bahwa koordinasi suatu
kelangsungan, keharmonisan mencapai tujuan, yang dapat dicapai melalui
kepemimpinan, organisasi dan administrasi; dan koordinasi juga dipandang
sebagai suatu penyusunan usaha-usaha kelompok di dalam suatu kelangsungan dan
keteraturan sikap sehingga menciptakan kesatuan tindakan dalam mengusahakan
tercapainya tujuan bersama. Dalam pendapat ini, faktor kepemimpinan, organisasi
dan administrasi tampaknya dijadikan faktor-faktor yang memerlukan keharmonisan
dan keteraturan yang dikondisikan melalui kegiatan koordinasi.
Banyak
ahli mendefinisikan pemahaman tentang koordinasi dengan memberi pendapat yang
berbeda-beda tetapi mempunyai tujuan yang sama, yakni bahwa koordinasi adalah
asas umum dalam semua organisasi atau dapat dikatakan koordinasi adalah asas
pokok organisasi.
Mooney dalam Sutarto (1998: 141) mengemukakan bahwa pengertian koordinasi adalah “The orderly arrangement of group effort, to provide unity of action in the pursuit of common purpose.”
Mooney dalam Sutarto (1998: 141) mengemukakan bahwa pengertian koordinasi adalah “The orderly arrangement of group effort, to provide unity of action in the pursuit of common purpose.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar